Follow Us @soratemplates

10 Juni 2013

Contoh Proposal

1.1  Latar Belakang Masalah
Indonesia mengakui lima agama yang menjadi kepercayaan warga negaranya, yaitu Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Hindu, dan Budha. Masing-masing agama tersebut memiliki kitab suci sebagai petunjuk dalam hidup. Bagi umat Islam yang menjadi kitab suci adalah Al-Qur’an. Al-Qur’an merupakan petunjuk untuk setiap aktivitas kehidupan umat muslim dan juga sebagai sumber ajaran islam yang pertama.
Membaca Al-Qur’an tidak sama dengan membaca text arab, yang membedakan Al-Qur’an dengan text arab lainnya diantaranya menjaga niat, bersuci, ta’awudz, berusaha memahami artinya, berusaha menangis, dan memperhatikan tajwid. Penulisan ini dibuat dikhususkan kepada pembelajaran ilmu tajwid. Tajwid merupakan ilmu yang mengajarkan tata cara pembacaan Al-Qur’an dengan sebaik-baiknya sesuai dengan hukum bacaan dan pelafalannya. Terdapat beberapa hukum bacaan dalam tajwid diantaranya hukum nun sukun dan tanwin, mim sukun, mim tasydid dan nun tasydid, lam ta’rif, lam tebal dan tipis, idgham, mad, ra’, dan qalqalah. Dalam membaca Al-Qur’an berdasarkan ilmu tajwid, ada beberapa kemungkinan yang terjadi dalam pelafalannya diantaranya, orang yang tidak mengenal ilmu tajwid dan tidak bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Selain itu orang yang tidak mengenal ilmu tajwid sama sekali, namun bisa membaca Al-Qur’an sesuai dengan hukum tajwid.
Kesibukan masyarakat menjadi salah faktor sulitnya meluangkan waktu untuk mempelajari ilmu tajwid melalui seorang guru. Oleh karena itu banyak buku yang beredar tentang pembelajaran ilmu tajwid. Namun, tidak selamanya buku itu dapat dibawa ditengah kesibukan masyarakat, dan juga sifat buku yang mudah robek dapat mengakibatkan hilangnya informasi.
Perkembangan teknologi sekarang membantu masyarakat untuk mempermudah kegiatan mereka dalam beraktivitas, khususnya smartphone. Smartphone tidak hanya dijadikan sebagai alat komunikasi namun juga sebagai alat yang dapat menunjang kegiatan belajar. Sistem operasi smartphone khusunya android, saat ini sedang marak diperbincangkan. Android bisa digunakan untuk membuat sebuah aplikasi yang dapat membantu kegiatan belajar masyarakat.
Dari permasalahan tersebut, maka penulis memberi judul penulisan ini “Media Pembelajaran Interaktif Ilmu Tajwid Berbasis Android”.

1.2  Batasan Masalah
Batasan masalah dalam penulisan ini adalah:
1.    Aplikasi yang dibuat dikhususkan kepada orang yang sudah bisa membaca Al-Qur’an dengan baik, namun belum mengenal ilmu tajwid.
2.    Hukum tajwid yang dibuat dalam aplikasi ini berupa hukum bacaan nun sukun dan tanwin, mim sukun, mad thabi’i, mad wajib muttashil dan mad ja’iz munfashil.
3.      Dalam aplikasi ini juga terdapat penjelasan tentang hukum-hukum tajwid, beserta contoh dari bacaan yang disertai dengan suara.
1.3  Tujuan Penulisan
Penulisan ini dibuat untuk membantu masyarakat yang ditengah kesibukannya bisa mempelajari ilmu tajwid, melalui telepon genggam berbasis android yang dimiliki, kapanpun dan dimanapun para pemakai berada. Sehingga bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan hukum-hukum tajwid.

1.4  Metode Penelitian
Adapun metode yang digunakan dalam penulisan ini yaitu dengan metode studi pustaka.
Tahapan yang dilakukan dalam penulisan ini adalah:
1.    Perencanaan Aplikasi
Pada tahap ini dilakukan pengumpulan informasi mengenai Android dan ilmu tajwid melalui buku-buku yang dibaca dan eksplorasi melalui media internet.
2.    Perancangan Struktur Navigasi
Pada tahap ini dilakukan perancangan aplikasi secara struktur navigasi dan perancangan tampilan.
3.    Penulisan kode program
Tahap ini menjelaskan cara pembuatan aplikasi beserta kode pemrogramannya.
4.    Uji Coba
Melakukan uji coba terhadap smartphone berbasis android yaitu Samsung Galaxy Gio.

1.5  Sistematika Penulisan
Sistematika dalam penulisan ini terdiri dari empat bab, yang bertujuan untuk mempermudah penulisan dalam mengolah data yang telah diperoleh, sehingga penulisan ini dapat disajikan dengan baik dan benar.

1.      PENDAHULUAN
      Berisi latar belakang masalah, batasan masalah, tujuan penulisan, metode penelitian, dan sistematika penulisan.
2.      LANDASAN TEORI
      Berisi teori-teori yang menjadi landasan dalam pembuatan aplikasi yang dibuat. Teori yang dibahas adalah Aplikasi, sekilas tentang m-learning, pengenalan ilmu tajwid, pengenalan android, pemrograman android, eclipse dan struktur navigasi.
3.      PEMBAHASAN
      Menjelaskan secara rinci tahap perancangan dan proses pembuatan aplikasi yang dibuat beserta kode programnya.
4.      PENUTUP
             Berisi kesimpulan dan saran dari hasil pembuatan aplikasi yang dibuat, yang bisa digunakan untuk pengembangan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar