Follow Us @soratemplates

9 Juni 2016

Belajar??


Pernahkah kamu merasa, bahwa ada yang hilang pada dirimu?

Pernahkah kamu merasa, bahwa kamu menginginkan dirimu yang dulu?

Yah, itulah yang ku alami sekarang..

Kemana ami yang dulu?

Ami yang senang belajar..

Belakangan temanku sering berkata..

"Dulu setiap gw ke kamar lo, lo selalu belajar" atau

"Perasaan dulu lo rajin deh mi" atau

"lo ko males sih sekarang?"

Ya ya ya...

Jangankan dirimu teman, aku sendiri juga merasakannya. Dari SD aku bukan anak yang pinter, bodoh juga engga, ya biasa" aja. SMP juga sama, begitupun SMA, meskipun masuk kelas unggulan, tapi bukan siswa yang menonjol, biasa" saja. Saat SD, tiap pulang sekolah selalu dilanjutkan dengan mengaji di TPA. SMP dan SMA, setiap pulang sekolah selalu ada les sana-sini.

Belajar? meski kadang capek, but i'm still enjoyed. Bahkan pernah pulang telat banget karna udah ga ada angkot lagi, dan begitu sampe rumah, mata si mamah udah merah karna khawatir. Les jauh sana-sini, udah jadi hal yang biasa. Bahkan nilai-nilaiku juga biasa-biasa saja. Malahan pernah dipanggil sama guru, gara-gara nilai ulangannya jelek. Fisika, mata pelajaran yang paling tidak kusukai waktu itu, mata pelajaran paling berkesan karena sempet bikin aku nangis dan kesel banget. Kesel karena udah belajar mati-matian tapi hasilnya tidak memuaskan, dan keselnya lagi kecerobohanku dalam menjawab soal selalu bikin "nyesssss". Beda lagi sama matematika, dulu seneng banget sama yang namanya hitung-hitungan, meskipun kadang susah. Apalagi kimia, jadi mata pelajaran favoritku, semua berkat guru lesku, belajar kimia menjadi semakin menyenangkan. Masih ingat dengan tabel periodic? 



"Hai Lina Kau Rebut Cinta sejati Franky" cara asik untuk menghafal golongan pertama dalam tabel periodeic.



Begitulah perjuanganku dulu dalam belajar, karna belajar di sekolah saja tidak cukup untuk membuatku mengerti dengan materi yang diajarkan. Bahkan udah les sekalipun aku masih tetap jadi siswa yang biasa" saja.

Lanjut S1, kebiasaan belajar kebawa sampe kuliah, bahkan sebelum kuliah hari pertama, udah baca-baca buku saking excitednya dengan status "mahasiswi". Pulang kuliah, kadang disibukkan sama part-time, kegiatan organisasi, atau forum di luar kampus. Tetap ada kegiatan, meskipun bukan dari awal perkuliahan.

Mendapatkan penghargaan menjadi mahasiswi berprestasi adalah pengalaman yang paling mengesankan selama perkuliahan S1. Terlebih begitu tahu mama nangis, saat namaku dipanggil dihadapan para wisudawan dan wisudawati saat penerimaan penghargaan di JCC. Tidak hanya itu, bahkan ada orang yang tidak kukenal menghampiriku dan mengucapkan selamat atas prestasi yang kuraih. Saat itu aku merasa bersyukur banget sama Allah, dan jadi semakin mengerti bahwa semua terjadi atas kehendak-Nya, dan apa yang kita tanam itu yang akan kita tuai. Itulah pertama kalinya aku berprestasi dalam belajar..

Salah satu faktor untuk lanjut S2 pun, karena didorong oleh faktor banyaknya ilmu yang belum kuketahui. Bahkan saking senengnya dengan ilmu, sempet kepikiran kalo aku akan trus belajar sampe tua. Namun sekarang..

Pemikiran seperti itu sudah hilang. Malahan sekarang muncul pikiran, "capek belajar mulu"

Entahlah..

Kenapa semangat belajar itu mulai hilang..?

Apa karna pulang kuliah udah ga ada kegiatan kayak dulu lagi? Makanya jadi males. Kadang full aktivitas itu lebih bisa ngerjain banyak tugas dan lebih rajin, dibandingkan kalo gak ada kegiatan apa". Tapiiii, kalaupun gak ada kegiatan, masih banyak tugas yang harus diselesaikan. Apalagi di kampus yang baru deadline terus, dan hampir semua matkul ada tugasnya. Banyak tugas dan deadline itu juga yg membuatku ragu untuk kuliah sambil kerja, dan memutuskan untuk menyesuaikan diri dulu dengan lingkungan yang baru.

Lalu..

Apa ini yang namanya titik jenuh?

Temanku bilang, "kayaknya lo udah jenuh deh, mi"

Hmmm.. apa iya aku jenuh belajar?

Kalo jenuh? Kenapa lama sekali?

Entahlah..

Aku ingin semangat belajar lagi..



Bisa mi, you can do that.. yes i can.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar