Follow Us @soratemplates

29 Maret 2012

Perilaku Produsen

Resume Kelompok 3
Perilaku adalah respon individu terhadap suatu stimulus atau suatu tindakan yang dapat diamati dan mempunyai frekuensi spesifik, durasi dan tujuan dan baik disadari maupun tidak.
Produksi adalah segala kegiatan manusia yang ditujukan untuk meningkatkan nilai guna barang atau untuk menghasilkan barang. Sedangkan Produsen adalah pihak-pihak yang melakukan kegiatan produksi untuk mencapai tujuan produksi. Produksi dan produsen mempunyai tujuan yang sama yaitu memenuhi kebutuhan masyarakat dan mencari keuntungan atau laba. Fungsi produksi adalah interaksi antara input yang terdiri dari tenaga kerja, kekayaan alam, modal dan teknologi, dengan output, yaitu jumlah barang yang dihasilkan.
Optimalisasi produksi adalah suatu cara meningkatkan nilai dari suatu produksi dengan pengaruh variabel. Cara mengoptimalkan produksi bisa dengan meningkatkan kualitas produksi, jumlah produksi, manfaat produksi, bentuk fisik produksi, dan lain-lain.
Least Cost Combination adalah menentukan kombinasi input mana yang memerlukan biaya terendah apabila jumlah produksi yang ingin dihasilkan telah ditentukan.

Kasus: Pemakaian gadget dimasyarakat seperti samsung, blackberry, sony ericson dll akan menimbulkan persaingan antar produsen, bagaimana para konsumen bisa tertarik dengan mereka. Hal ini bisa dilakukan dengan membaca selera para konsumen dan melakukan inovasi-inovasi yang menarik bagi konsumen.

Sesi tanya-jawab:
  1. Tanggapan mengenai produsen yang menggunakan produk-produk terlarang seperti boraks pada makakan.
    Jawab: Hal yang sebaiknya dilakukan produsen adalah menggunakan bahan-bahan alami, biasanya oknum-oknum yang melakukan tindakan kecurangan ini lama-lama juga akan ketahuan. Kita sebagai konsumen juga harus cermat dan teliti dalam membeli makanan dan barang.
  2. Tanggapan mengenai perbedaan pelayan produsen terhadap konsumen yang berbeda status sosialnya.
    Jawab: Hal ini seharusnya tidak boleh terjadi jika kita menginginkan yang terbaik untuk perusahaan kita. Semua konsumen harus dilayani dengan sama rata, agar sama-sama merasakan kepuasan.
  3. Tanggapan produsen dalam menyiasati kenaikan harga seperti kenaikan BBM
    Jawab: Produsen tentu tidak mau rugi, sehingga mau tidak mau produsen harus menaikkan hargan produknya, dalam hal ini produsen tidak perlu khawatir karna produsen yang lainpun akan melakukan hal yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar