Follow Us @soratemplates

16 Maret 2012

Pengamen Oh Pengamen

         Pengamen, apa yang terlintas dikepala kita ketika mendengar kata ini ? Dentingan gitar, nyanyian, bunyi gendang, lalu lintas, pusat kota, dan juga hiruk pikuk kendaraan. Bicara soal pengamen, ternyata pengamen juga bermacam-macam lho, misalnya saja pengamen deket kampus gw, dia gak nyanyi seperti pengamen pada umumnya, tetapi dia bermain musik menggunakan sebuah biola. Pernah waktu itu temen gw minta request gitu sama itu pengamen, gak cuma sekali atau dua kali saja, tapi beberapa kali, dan pengame itupun meladeni kami dengan ramah dan baik. Setelah itu dia ngedoa’in kita, seperti,, semoga cepet lulus, semoga ipk nya naik, pokoknya banyak deh. Selain itu ada juga pengamen bus kota, biasanya dia nyanyi pake gitar. Nah kalo yang nyanyi di bus kota ada enak dan gak enaknya nih, enaknya itu kalo yang nyanyi suaranya bagus apalagi kalo suaranya kaya artis (hehehe...), kalo yang gak enaknya, kita lagi pusing, cape,  trus kita malah dengerin pengamen nyanyi, kan makin pusing,  mending kalo suaranya bagus dan menghibur.  

Terus yang selalu bikin gw prihatin itu adalah pengamen anak-anak. Di usia mereka yang seharusnya sekolah dan menikmati masa kanak-kanaknya, mereka malah harus banting tulang mencari uang buat biaya sekolah, bahkan diantara mereka ngamen itu buat cari makan. Suatu hari waktu gw lagi di angkot ada pengamen gitu yang nyanyi, umurnya sekitar 6 th an, dia ngamen sambil menggendong adiknya yang masih kecil sekitar 1th an gitu, melihat adik kecil itu gw jadi inget sama ponakan gw yang baru berumur 9 bulan, gw bener-bener bersyukur ponakan gw bisa hidup sehat dan berkecukupan. Gw jadi bersyukur karna gw gak mengalami nasib kaya mereka. Mari kita bersyukur atas apa yang telah kita punya.

Oke, beralih ke pengamen yang bikin gw takut kalo gak dikasih uang. Ini dia nih, pengamen yang paling gak ngenakin. Dengan penampilan mereka yang kaya preman, mereka ngamen di angkot-angkot. Kebetulan waktu itu penumpang yang seangkot sama gw gak ada satu orangpun yang ngasih duit ke pengamen preman ini, termasuk gw. Gw kaget banget waktu pengamen itu turun, dia marah-marah gak jelas sambil mukul angkot yang gw tumpangi. Temen gw juga pernah bilang, kalo pengamen kaya mereka mending dikasih aja, daripada kita yang diapa-apain. 

Hmmm... itulah sebagian kecil dari berbagai macam pengamen yang pernah gw temuin. Ada yang baik, ada yang enggak, ada yang nyenengin, ada juga yang ngeselin. Banyak hal yang bikin gw salut terhadap pengamen, diantaranya kerja keras dan kegigihan mereka dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, Mereka tak kenal lelah, bahkan saat hujan pun mereka masih terus bernyanyi. Saat mereka kedinginan mereka terus ngamen walau suara mereka bergetar. Ketabahan dan kesabaran mereka ketika ada yang memperolok profesi mereka sebagai pengamen dan keikhlasan mereka dalam menjalani hidup yang keras. Seperti kata Candil vokalis SERIUS “Rocker juga manusia, punya rasa punya hati”.. tapi kalo yang ini pengamen (hiihi..). Pengamen hanya profesi semata, mereka itu sama kaya kita.

1 komentar:

  1. Subhanallah... masih sempet care sama mereka,.. hmmm... nice .. suka sangaddd.. ^^

    keep writing yaa... :D
    salam bloofers...

    #blog'a keren.. ^_~

    BalasHapus