Follow Us @soratemplates

15 Maret 2012

Resume Penentuan Harga Permintaan dan Penawaran

Bunyi Hukum Permintaan
“Semakin turun tingkat harga, maka semakin banyak jumlah barang yang tersedia diminta, dan sebaliknya semakin naik tingkat harga semakin sedikit jumlah barang yang bersedia diminta.”

 Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Permintaan (Demand)
1.   Harga barang itu sendiri
2.   Harga barang substitusi (pengganti)
3.   Harga barang komplementer (pelengkap)
4.   Jumlah Pendapatan 
5.   Selera konsumen 
6.   Intensitas kebutuhan konsumen 
7.   Perkiraan harga di masa depan 
8.    Jumlah penduduk
 Hukum Penawaran
"Semakin tinggi harga, semakin banyak jumlah barang yang bersedia ditawarkan. Sebaliknya, semakin rendah tingkat harga, semakin sedikit jumlah barang yang bersedia ditawarkan.”
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penawaran (Supply)
1.   Harga barang itu sendiri
2.   Biaya produksi
3.   Kemajuan teknologi
4.   Pajak
5.   Perkiraan harga di masa depan

Keseimbangan dalam permintaan dan penawaran terjadi secara alamiah, apabila salah satu dari permintaan ataupun penawaran mengalami kesenjangan maka tentu akan berdampak pada pasar. Misalnya saja, jumlah permintaan yang banyak dengan produk yang sedikit akan mengakibatkan terjadinya kelangkaan terhadap barang, begitu sebaliknya jika permintaan sedikit tapi produk mengalami kelebihan tentu para produsen akan mengalami kerugian.

Contoh kasus, saat ini tingkat permintaan hp Samsung android lebih banyak diminati daripada hp sony ericson, karna dipengaruhi oleh harga barang yang relatif murah dan kemajuan teknologinya yang lebih canggih. Di pihak produsen hp Samsung lebih banyak diminati karna permintaan konsumen yang relatif banyak. 

Pertanyaan dan Jawaban:
1.  Hal apa yang harus dilakukan oleh produsen dan konsumen jika tingkat permintaan dan penawaran tidak mengalami keseimbangan?
Jawab: dalam hal ini pihak produsen harus bisa melihat kondisi dan keadaan di pasaran, produsen juga harus tahu dengan selera konsumen, dengan begitu tidak terjadinya kesenjangan terhadap keseimbangan permintaan dan penawaran. 
2.   Beberapa bulan setelah hp Sony Ericson Arc di jual di masyarakat, kemudian datang hp Sony Ericson Art tipe S, yang memiliki kualitas lebih baik. Yang membedakan kedua hp ini hanya terletak pada processornya saja. Bagaimana caranya agar Hp Sony Ericson Arc dapat terjual habis dengan harga yang beda tipis dengan hp Sony ericson tipe S?
Jawab : Para penjual mau tidak mau harus menuruni harga hp Sony Ericson Art, agar produk mereka dapat terjual dengan habis. Bisa juga dengan cara mengurangi permintaan produk terhadap perusahaan Sony Ericson. Para produsen harus bisa mengikuti selera pasar.
3.   Apakah yang akan terjadi pada permintaan atau penawaran suatu barang apabila barang itu turun ata naik satu persen?
Jawab : Jika dilihat dari segi kurva keseimbangan permintaan dan penawaran, seandainya salah satu kurva mengalami kenaikan atau penurunan, maka akan terjadi kesenjangan pada kurva tersebut. Namun, jika harga suatu barag mengalami penurunan maka permintaan akan semakin meningkat, begitu juga sebaliknya, jika harga suau barang mengalami peningkatan maka permintaan akan berkurang.
4.   Bagaimana caranya agar penjual produk makanan tidak mengalami kerugian, karna produk dijual berupa makanan yang tidak dapat bertahan lama. Contoh kasus: penjual produk makanan menjual produk makanannya sebanyak 50 buah namun yang terjual hanya 20 saja, atau sebaliknya, jetika penjual menjual produk makanannya sebanyak 30 namun permintaan para konsumen melebihi jumlah penjualan, bagaimana cara mensiasatinya agar hal ini tidak terjadi?
Jawab : Penjual produk makanan harus memiliki target marketing sendiri. Selain itu prodisen juga harus bisa membaca selera konsumen, apakah para konsumen mulai bosan dengan produk yang dijual atau tidak, selain itu yang harus diperhatikan adalah perkembangan yang terjadi dipasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar