Follow Us @soratemplates

15 Maret 2012

Resume Prilaku konsumen

Perilaku Konsumen
Perilaku konsumen adalah perilaku yang ditunjukkan oleh konsumen dalam mencari, menukar, menggunakan, menilai, mengatur barang atau jasa yang mereka anggap dapat memuaskan kebutuhan mereka.

Faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen ada dua yaitu :
1.   Faktor Eksternal
2.   Faktor Internal

Pendekatan Perilaku Konsumen
1.   Pendekatan Kardinal atau Cardinal Approach : pendekatan yanng dipengaruhi oleh daya guna dari barang itu sendiri
2.   Pendekatan Ordinal atau Ordinal Approach : pendekatan yang hanya berdasarkan selera konsumen saja, sedangkan daya guna dari barang itu sendiri tidak berpengaruh.

Konsep elastisitas yang umumnya dipakai dipakai dalam teori ekonomi mikro
1.   Elastisitas harga permintaan (Ed)
2.   Elastisitas harga penawaran (Ws)
3.   Elastisitas silang (Ec)
4.   elastisitas pendapatan (Ey)

Perilaku konsumen adalah perilaku yang ditunjukkan oleh konsumen dalam mencari, menukar, menggunakan, menilai, mengatur barang atau jasa yang mereka anggap dapat memuaskan kebutuhan mereka, perilaku konsumen di pengaruhi oleh faktor eksternal dan faktor internal.

Contoh Kasus:
       Produk Indomie yang banyak diminati hampir diseluruh kalangan masyarakat. Hal ini dilihat karna prilaku konsumen yang banyak menyukai indomie dari segi rasa/selera konsumen.

Pertanyaan dan Jawaban:
1.   Bagaimana cara mengatasi prilaku konsumen yang lebih banyak memilih barang import daripada barang lokal?
Jawab : Dimulai dari pemerintah nya sendiri, bagaimana usaha pemerintah untuk menghimbau masyarakatnya untuk menintai barang-barang lokal. Selain itu kembali kepada diri sendiri untuk menggunakan barang lokal, karna jika dilihat pada faktanya masyarakat Indonesia lebih suka dengan barang import, katanya itu sebagai “mode” zaman sekarang. Jika dilihat contoh lain masyarakat lebih suka ngantri untuk melihat konser Katty Parry daripada konser anklung. Walau sudah ada usaha dari pemerintah untuk menghimbau masyarakatnya agar memilih barang lokal daripada impor, namun usah pemerintah masih perlu ditingkatkan lagi.
2.   Apa faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi konsumen dalam membeli suatu barang?
Jawab: yang paling berpengaruh adalah diri sendiri, misalkan saja kita disuruh memilih antara dua barang, salah satu barang itu memiliki harga yang lebih mahal dan kualitas yang baik, namun kita tidak membeli barang tersebut karna kita lebih tertarik pada barang yang lain. Hal ini bukan dikarenakan kita tidak ada uang, tapi lebih ke selera konsumen.
3.   Adanya pendekatan kardinal dan ordinal. Pendekatan ordinal itu daya guna suatu barang tidak perlu di ukur, maksudnya apa dan contohnya apa?
Jawab: Maksud dari pendekatan ini adalah suatu barang itu tidak diukur dari segi uang melainkan tingkat kepuasan konsumen. Contohnya; 2 buah barang yang memiliki harga barang yang sama tetapi tingkat kepuasannya belum tentu sama.
4. Bagaimana menyikapi konsumen yang pendapatannya sedikit tetapi cara memenuhi kebutuhannya banyak. Faktor  apa yang mempengaruhi prilaku konsumen seperti itu?
Jawab: hal ini disebabkan karna faktor eksternal dari dirinya sendiri/ pengaruh dan keadaan lingkungan yang mempengaruhi. Namun harus ada penyesuaian antara pendapatan dan kebutuhan.

1 komentar:

  1. http://danprihono.blogspot.com/
    http://danprihono.blogspot.com/
    http://danprihono.blogspot.com/
    http://danprihono.blogspot.com/
    http://danprihono.blogspot.com/
    http://danprihono.blogspot.com/
    http://danprihono.blogspot.com/

    BalasHapus