Follow Us @soratemplates

1 April 2012

Perulangan pada Bahasa C

Perulangan atau looping berarti mengulang satu atau lebih statement proses perintah hingga kondisi tertentu. Bentuk-bentuk perulangan:

1. For : untuk mengulang proses yang belum diketahui jumlahnya.
Bentuk umum;
For (inisialisasi;syarat;penambahan)(pernyataan)
2. While: untuk mengulang proses yang belum diketahui jumlahnya dengan pengecekan kondisi terlebih dahulu.
Bentuk umum;
               While (kondisi)(pernyataan)
3. Do-while: untuk mengetahui, mengulang prosea yang belum diketahui jumlanya dengan pengecekan kondisi setelah instruksi diberitahu.
Bentuk umum;
               Do (pernyataan) while (kondisi)

 Contoh program:

Program di atas adalah bentuk contoh penggunaan dari perulangan pada bahasa c menggunakan for, dimana perintah for ini digunakan untuk mengulang suatu proses yang sudah diketahui jumlahnya. Dalam program ini terdapat 3 buah variabel dengan tipe data integer yaitu a, b, dan n. Variabel n berfungsi sebagai variabel yang dibaca saat menginput data. Kondisi for pada variabel a menunjukkan bahwa nilai a akan bertambah satu sampai nilai a sama dengan nilai n (nilai yang kita input). Sedangkan kondisi b menunjukkan bahwa nilainya akan bertambah satu sampai nilainya sama dengan nilai a, kemudian nilai b akan di cetak oleh program. Jika dalam sebuah program terdapat statement bersarang seperti program ini, maka program akan menjalankan statement yang di dalam terlebih dahulu, dalam program ini statement yang dibaca/ dijalankan terlebih dahulu adalah statement kodisi pada variabel b, kemudian barulah program melanjutkan membaca ke statement pada variabel a, begitu setrusnya, sampai kondisi pada masing-masing variabel terpenuhi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar