Follow Us @soratemplates

18 April 2012

Ayo Ciptakan Kebiasaan yang Baik

Bismillah..
Kali ini gw mau sharing nih, mengenai buku yang lagi gw baca yaitu how to master your habits karangan Felix Y. Siauw. Habits atau kebiasaan merupakan kegiatan rutinitas yang biasa kita lakukan secara berulang-ulang. Setiap orang memilik habits yang berbeda, sebagai contoh ketika bangun tidur gw biasanya langsung ke kamar mandi, setelah mandi dan bla-bla-bla barulah gw merapihkan tempat tidur, mungkin kalo orang lain setelah bangun tidur merapihkan tempat tidurnya terlebih dahulu baru ke kamar mandi. Habits tentu saja ada yang baik dan yang buruk, kebiasaan buruk tentunya akan berdampak kepada diri kita sendiri, misalkan saja, bergadang dalam jangka waktu seminggu berturut-turut akan menjadikan itu sebagai kebiasaan kita untuk selalu tidur malam dan susah untuk tidur cepat, atau makan siang yang sering telat membuat kita terkena penyakit mah. Bisa dibilang kita dikontrol oleh habits kita sendiri, dan kita sendiri jugalah yang membentuk habits itu tanpa kita sadari. Habits yang baik tentu akan membuat kehidupan kita jadi lebih baik. Habits yang baik bisa kita ciptakan, dengan tujuan yang jelas dan adanya pelatihan serta pengulangan yang berturut-turut setidaknya sampai satu bulan, insya Allah kebiasaan baik itu akan terbentuk. Hal yang paling penting untuk tercapainya target pembentukan habits ini adalah konsekuen terhadap apa yang kita lakukan. Misalkan nih, gw pengen bangun pagi jam 5 setiap hari, tujuannnya biar gw bisa sholat tepat waktu dan gak ngaret lagi kalo ke kampus (do'akan yah hehehe...). Alarm handphone gw pun gw setting menjadi jam 5 pagi bahkan sampe 3 alarm, Alhamdulillah beberapa kali gw sempet bangun pagi, tapi baru-baru ini gw telat lagi bangunnya gara-gara begadang (gw belom konsekuen nih, masih bolong").  
Hmmm... apa lagi yah.. (gw liat bukunya dulu ya bentar)


Nah ini dia ni, Ternyata habits juga mempengaruhi sikap mental, bericara, membaca, kreativitas , termasuk cara pikir kita, semuanya terjadi tanpa kita sadari. Pemikiran merupakan pangkal kepribadian kita, karna pemikiranlah yang yang akan menentukan cara hidup, pandangan hidup sampai ke aktivitas kita. Ketika pemikiran dasar kita berbeda dengan orang lain, maka berbeda pula tujuan yang akan kita tetapkan. Udah dulu ya sharing nya, kalo masih ada yang berminat sama kelanjutannya beli aja bukunya (hihihihi...). Semoga bermanfaat :). Byee...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar