Follow Us @soratemplates

21 April 2014

COCOMO dan Jenisnya


COCOMO (Constructive Cost Model) merupakan model algoritma estimasi biaya. Model ini menggunakan dasar regresi formula, dengan parameter yang berasal dari data historis dan karakteristik proyek-proyek saat ini. COCOMO pertama kali diterbitkan pada tahun 1981 Barry Boehm W. ’s Book ekonomi Software engineering sebagai model untuk memperkirakan usaha, biaya, dan jadwal untuk proyek-proyek perangkat lunak. Ini menarik pada studi dari 63 proyek di TRW Aerospace mana Barry Boehm adalah Direktur Riset dan Teknologi Perangkat Lunak pada tahun 1981. Penelitian ini memeriksa proyek-proyek ukuran mulai dari 2.000 sampai 100.000 baris kode, dan bahasa pemrograman mulai dari perakitan untuk PL / I. Proyek-proyek ini didasarkan pada model pengembangan perangkat lunak waterfall yang merupakan proses software umum pembangunan tahun 1981. Referensi untuk model ini biasanya menyebutnya COCOMO 81.

Pada tahun 1997 COCOMO II telah dikembangkan dan akhirnya diterbitkan pada tahun 2000 dalam buku Estimasi Biaya COCOMO II Software dengan COCOMO II. adalah penerus dari COCOMO 81 dan lebih cocok untuk mengestimasi proyek pengembangan perangkat lunak modern. Hal ini memberikan lebih banyak dukungan untuk proses pengembangan perangkat lunak modern, dan basis data proyek diperbarui. Kebutuhan model baru datang sebagai perangkat lunak teknologi pengembangan pindah dari batch processing mainframe dan malam untuk pengembangan desktop, usabilitas kode dan penggunaan komponen software off-the-rak. Artikel ini merujuk pada COCOMO 81.

Model estimasi COCOMO telah digunakan oleh ribuan project manager suatu proyek perangkat lunak, dan berdasarkan pengalaman dari ratusan proyek sebelumnya. Tidak seperti model estimasi biaya yang lain, COCOMO adalah model terbuka, sehingga semua detail dipublikasikan, termasuk :
·             Dasar persamaan perkiraan biaya.
·             Setiap asumsi yang dibuat dalam model.
·             Setiap definisi.
·             Biaya yang disertakan dalam perkiraan dinyatakan secara eksplisit

Jenis-Jenis COCOMO
1.      Model COCOMO Dasar (COCOMO I 1981)
Menghitung usaha pengembangan PL (dan biaya) sebagai fungsi dari ukuran program yang diekspresikan dalam baris kode yang diestimasi. Menghitung dari estimasi jumlah FP dan LOC; FP = suatu unit pengukuran untuk keterhubungan dan keterkaitan antar prosedur, fungsi dan lingkungan SW.
  
Tabel 1. Model COCOMO Dasar

Persamaan COCOMO dasar berbentuk :
            E = abKLOCbb
            D = cbEdb

Dimana:
     E adalah usaha yang diaplikasikan dalam person-month,
     D adalah waktu pengembangan dalam bulan kronologis
     KLOC adalah jumlah baris penyampaian kode yang diperkirakan untuk proyek tsb.
     Koefisien ab dan cb  dan eksponen bb dan db ada pada tabel1

2.       Model COCOMO Intermediate (COCOMO II 1999)
Menghitung usaha pengembangan PL sebagai fungsi ukuran program dan serangkaian “pengendali biaya” yang menyangkut penilaian yang subyektif terhadap produk, perangkat keras personil, dan atribut proyek. Menghitung dari besarnya program dan “cost drivers” (faktor-faktor yang berpengaruh langsung kepada proyek), spt: hardware, personnel, dan atribut-atribut proyek.

Tabel2. Model COCOMO Intermediate

 Model COCOMO menengah berbentuk :
  E = aiKLOCbi x EAF

Dimana :
      E adalah usaha yang diaplikasikan dalam person-month,
      KLOC adalah jumlah baris penyampaian kode yang diperkirakan untuk proyek tsb.
      Koefisien ai dan eksponen bi ada pada Tabel2.

3.      Model COCOMO Advanced
Menghubungkan semua karakteristik versi intermediate dengan penilaian terhadap pengaruh pengendali biaya pada setiap langkah (analisis, perancangan, dll) dari proses rekayasa PL.Memperhitungkan semua karakteristik dari “intermediate” di atas dan “cost drivers” dari setiap fase (analisis, design, implementation, etc) dlm SW life cycles;

Sumber:
·                     http://yanti91.blogspot.com/2013/04/cocomo-dan-jenis-jenisnya.html
·                     http://inarjutex.wordpress.com/2011/05/28/pengertian-cocomo-dan-jenisnya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar