Follow Us @soratemplates

21 April 2014

Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Software Open Source

        Open source merupakan marketing name dari free software yang dikenalkan pada bulan Februari 1998. Diberi nama open source dikarenakan source code dari software tersebut bersifat terbuka (open) atau dengan kata lain dapat dikembangkan dan dimodifikasi oleh masyarakat. Pola Open Source lahir karena kebebasan berkarya, tanpa intervensi berpikir dan mengungkapkan apa yang diinginkan dengan menggunakan pengetahuan dan produk yang cocok. Kebebasan menjadi pertimbangan utama ketika dilepas ke publik. Komunitas yang lain mendapat kebebasan untuk belajar, mengutak-ngatik, merevisi ulang, membenarkan ataupun bahkan menyalahkan, tetapi kebebasan ini juga datang bersama dengan tanggung jawab, bukan bebas tanpa tanggung jawab.
Software yang bersifat open source ini tentunya memiliki banyak keuntungan yang dapat dimanfaatkan oleh para pengguna. Pertama, adanya hak bagi user secara bebas untuk mencoba dan menggunakan software tersebut tanpa perlu adanya registrasi terlebih dahulu. Hal ini juga dapat membantu dalam improvisasi secara kualitas ataupun fungsinya. Kedua, software open source memberikna hak kepada para pengguna untuk memodifikasi dan mengembangkan software tersebut. Hal ini berkemungkinan untuk meletakkan berbagai code terhadapa hardware, agar dapat diadaptasi pada situasi yang berubah-ubah, dan terjangkaunya pemahaman bagaimana sistem itu bekerja secara detail. Ketiga, adanya hak pendistrbusian yang diakui dan merupaka hal yang umum. Biasanya ini aadalah hal yang berpengaruh bagi para developer untuk bekerja sama dalam suatu project open source.
            Selain dari ketiga keuntungan diatas masih terdapat beberpa keuntungan lagi, diantaranya yaitu keberadaan bug/error yang dapat terdeteksei dengan segera. Hal ini karena, biasanya dalam project open source banyak menarik para developer. Software open source itu corss platform dan kompatible, biasanya software open open source tersedia di berbagai sistem operasi, misalnya XAMPP sebuah software WebServer dan Database Management yang tersedia di Windows maupun Linux. Netbeans, sebuah software  untuk membuat software java dan java mobile. Eclipse, software untuk membuat software android yang berada di windows maupun linux, serta masih banyak software lainnya yang bersifat open source. Selaim itu softwae open source bersifat legal, artinya tidak melanggar undang-undang hak cipta serta aman dari razia penggunaan dan pembajakan software illegal. Software open source juga bebas dari mailware (virus, worm, trojan) jika dibandingkan dengan software illegal hasil crack, patch ataupun keygen.
            Disamping keuntungan tersebut, software open source juga memiliki beberapa kerugian. Pertama, masalah yang berhubungan dengan intelektual properti. Pada saat ini, beberapa negara menerima Software dan algoritma yang dipatentkan. Hal ini sangat sulit untuk diketahui jika beberapa motede utama untuk menyelesaikan masalah Software di patenkan sehingga beberapa komunitas dapat dianggap bersalah dalam pelanggaran intelektual property. Tidak ada garansi dari pengembangan software, karena biasanya bersifat individu atau tanpa dukungan dari perusahaan-perusahaan. Ketiga, kesulitan dalam mengetahui status project, karena dalam pemasarannya tidak banyak diiklankan. Masih banyak lagi kerugian yang lain seperti tidak adanya perlindungan HAKI.

Lantas mengapa dianjurkan untuk menggunakan Software Open Source dalam membuat Software? Karena dengan Open Source memiliki banyak keuntungan seperti yang tertera di atas, meskipun ada beberpa kerugian, namun keuntungannya lebih banyak. Kita juga tidak perlu membuat segala sesuatunya dari awal. Kita bisa manfaatkan teknologi Open Source yang sudah ada, memodifikasi sesuai kebutuhan, dan mendisribusikannya selama tidak melanggar lisensi yang tertera. Dengan menggunakan Open Source, karya yang kita jual akan memiliki harga yang terjangkau. Jadi, penikmat karya kita bukan hanya kaum menengah ke atas, tapi juga masyarakat menengah ke bawah. Hal ini justru akan melejitkan kesuksesan kita. Jangan pernah berpikir bahwa dengan Open Source kita tidak akan bisa sukses.

Sumber:
·         http://zaenal-zaeblogs.blogspot.com/2013/04/keuntungan-dan-kerugian-menggunakan.html
·         http://kanaichishino.wordpress.com/2012/03/28/keuntungan-dan-kerugian-menggunakan-software-open-source/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar